Siapa Bintang Disney yang menurutmu paling keren??

Profil Rene Descartes

 Descartes lahir tanggal 31 Maret 1596 di Descartes (dahulu tempat ini dinamakan La Haye), Tourine, Perancis. Descartes adalah  seorang matematikawan yang mengembangkan koordinat kartesian yang hanya memeperkenalkan nilai koordinat x dan y posititf yang didefinisikan sebagai jarak antartitik. Namun, sebenarnya Descartes bukanlah orang pertama yang menemukan koordinat kartesian yang kemudian menjadi asal usul analisis geometri tetapi, Descarteslah orang  yang pertama kali mempublikasikannya pada ilmuan lain dan masyarakat.

Descartes menggandrungi penyelidikan ilmiah dan dia percaya bahwa penggunaan praktisnya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dia pikir, para ilmuwan harus menjauhi pendapat-pendapat yang semu dan harus berusaha menjabarkan dunia secara matematis. Semua ini kedengarannya modern tetapi, Descartes  melalui pengamatannya sendiri tak pernah bersungguh-sungguh menekankan arti penting ruwetnya percobaan-percobaan metode ilmiah. Filosofi Descartes dikritik pedas oleh banyak filosof sejamannya, sebagian karena mereka anggap filosofi itu menggunakan alasan yang berputar-putar. Sebagian lagi menunjukkan kekurangan-kekurangan dalam sistemnya.

Karena penemuannya itu Descartes lalu diundang oleh Ratu Christina ke Stockholm, Swedia pada tahun 1649 untuk mengajarkan ilmu filosofi pada sang Ratu Christin .Descartes amat kecewa ketika dia tahu sang Ratu ingin diajar pada jam lima pagi! Dia khawatir udara pagi yang dingin bisa membuatnya mati. Dan ternyata betul dia mengidap penyakit pneumonia, meninggal bulan Februari 1650, hanya empat bulan sesudah sampai di Swedia.

Menyimpulkan arti penting keseluruhan Descartes, saya juga mempertimbangkan penemuan ilmiahnya yang mengesankan, khusus penemuannya tentang geometri analitis. Faktor inilah yang saya jadikan alasan menempatkan Descartes dalam urutan agak lebih tinggi daripada filosof-filosof kenamaan seperti Voltaire, dan Francis Bacon.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Profil Rene Descartes"

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini