Siapa Bintang Disney yang menurutmu paling keren??

Jenis Tanah, Persebarannya dan Pemanfaatannya . . .

Tanah Vulkanis / Regosol                                                                                                 
          Tanah vulkanis adalah Jenis tanah yang dihasilkan dari pada pelapukan batuan bekas letusan gunung api.   Tanah jenis ini sangat subur. Cocok untuk lahan pertanian karena mengandung mineral yang bagus untuk tanaman. Terdapat di Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok serta tempat sekitar Gunung Berapi.

Tanah Alluvial / endapan
           Tanah berupa lumpur halus dan pasir halus yang terbawa oleh sungai, lalu mengendap di dataran rendah, lembah dan cekungan. Cocok digunakan untuk menanam padi.

Tanah Humus
            Terbentuk dari pembusukan bahan organik (kotoran dan tumbuhan). Dalam pupuk disebut pupuk kompos. Tanah Humus termasuk golongan tanah yang sangat subur, sehingga cocok digunakan untuk pertanian. Letaknya tersebar di seluruh Indonesia seperti di Sumatera, Kalimantan dan pesisir Papua.

Tanah Gambut
             Tanah Gambut hampir mirip dengan tanah Humus. Perbedaannya adalah pada tanah Gambut mengalami proses pelapukan "tidak sempurna". Tanah ini selalu tergenang oleh air. Walaupun disebut hampir mirip dengan tanah Humus tetapi, tanah Gambut sama sekali tidak subur karena mengandung banyak Zat Kapur dan kurang akan Unsur Hara. Jadi, tanah ini tidak bagus dipergunakan untuk lahan pertanian sehingga dialih fungsikan sebagai lahan perikanan. Tanah jenis Gambut sering di dapatkan di daerah Kalimantan dan Papua selatan.

Tanah Podsol
               Tanah yang terbentuk karena pengaruh curah hujan yang tinggi serta suhu yang relatif rendah. Digunakan untuk menanam jenis umbi-umbian dan jambu mente. Banyak terdapat dipegunungan di Kalimantan, Sumatera serta Papua.

Tanah Mergel
               Tanah ini berasal dari campuran antara kapur, pasir dan tanah liat. Tanah mergel banayk ditemukan di lereng gunung dan dataran rendah Termasuk tanah yang cukup subur. Banyak didapat di Solo, Kediri dan Nusa Tenggara.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Jenis Tanah, Persebarannya dan Pemanfaatannya . . ."

Posting Komentar