Siapa Bintang Disney yang menurutmu paling keren??

Ikan Berkepala Transparan!!

Ditemukan seekor ikan berkepala transparan di Perairan Pantai Carlifornia, Amerika Serikat. Penemu ikan tersebut adalah peneliti dari MBARI. Bruce Robison dan Kim Reisenbichler dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) mengamati ikan ini menggunakan sejumlah video dengan Remotely Operated Vehicles (ROVs). Ikan tersebut ditemukan sekitar tahun 1993.


Setelah diidentifikasi, diketahui ikan tersebut bernama Barreleyes (Macropinna microstoma). Ikan unik ini hidup pada kedalaman 2000 kaki atau sekitar 600 meter dimana keadaan airnya sudah pekat. Ikan barreleyes memiliki panjang 6 inchi (15 sentimeter). Sebenarnya ikan ini telah dikenal sejak tahun 1939 saat tersangkut jaring nelayan.

Pada bagian muka ikan ini, terdapat dua titik yang ada di atas mulut ikan tersebut. Titik itu bukanlah matanya, tetapi merupakan Indra Penciumannya yang disebut dengan nares. Sedangkan matanya ada didalam kepalanya yang transparan itu. Kamera ROVs memperlihatkan ikan ini memiliki semacam lensa berwarna hijau di atas tiap matanya yang berfungsi memfilter cahaya matahari, membuat ikan ini bisa memfokuskan perhatiannya pada cahaya dari jelli-jelli kecil atau mangsa lain yang lewat di atasnya. Lalu matanya akan berputar ke depan untuk mengikuti mangsanya, dan membantu mendapatkannya. Peneliti menemukan bahwa mata itu dapat bergerak dan berputar pada sumbunya (pivot).

Ikan ini kadang mencuri ikan dari siphonophora - jelli yang bisa tumbuh hingga panjang lebih dari 33 kaki (10 meter) - Sirip-sirip horisontalnya membuatnya mampu berenang dengan hati-hati di antara tentakel-tentakel bersengat dari siphonophora. Jika sedikit meleset, pelindung seperti helm di kepalanya bisa melindungi matanya.


Selain ikan barreleyes ini yang memiliki anggota tubuh yang transparan, masih banyak lagi hewan lain yang transparan lho... ada katak bertubuh transparan, kupu - kupu bersayap transparan, cumi cumi transparan, udang dan masih banyak lagi.. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Ikan Berkepala Transparan!!"

Posting Komentar